Day 4 – How to have fun at Karimunjawa : snorkel, jump, and play with sharks

Day 4. Still at Karimunjawa. Yeay! Pagi ini terbangun dengan masih mengantuk. Why? Negara api menyerang! Oke garing. Yang bener semaleman gw diserang nyamuk-nyamuk. Nyamuk Karimunjawa ganas cuy! Berbagai pose garuk-garuk udah gw jabanin, kain pantai yang gw fungsikan sebagai selimut pun nggak mempan. Tips : Pakai baju dan celana panjang, bawa kain untuk selimut, pakai lotion anti nyamuk.

Meskipun mata mengantuk, semangat tetap membara dong yah! Setelah kemarin gw menjelajahi sisi Barat (Pulau Cemara Kecil) dan sisi Selatan (Ujung Gelam), hari ini gw akan menelusuri sisi Timur Karimunjawa, yaitu Pulau Cilik, Pulau Tengah, Gosong Seloka, dan berenang bersama hiu di Pulau Menjangan Kecil. Uyeaahhh! Pagi-pagi gw udah nongkrong sarapan di Warung Bu Esther. Nikmat, murah meriah. Setelah rombongan berkumpul di dermaga, kami pun berlayar…capcussss! Kali ini rombongan kami ketambahan sepasang suami istri, si suami Bule, si istri Jawa Yogya asli. Makin seru deh! ^^ Ombak laut hari ini lebih ganas dibanding hari sebelumnya. Gw sih fun-fun aja. Kenapa harus takut tenggelam kalau bisa berenang? #pedeabis. Kenapa harus takut mati kalau semua jiwa akan berpulang pada Sang Pencipta? *oke yang ini terlalu berat* *skip*.
Spot snorkeling pertama di sekitar Pulau Cilik. Kali ini gw lebih banyak mengeksplor coral dan nggak terlalu antusias berfoto underwater. Yeah, still with that guilty feeling :( (baca postingan sebelumnya). Coral di Pulau Cilik ini keren banget, masih lebih terawat dibanding spot-spot sebelumnya. Daaannn….yang bikin gw terheran-heran, ikan-ikan di Karimunjawa itu kok guendhut-guendhut banget yah? Subur makmur kayaknya😀 Emang sih jenis-jenisnya rata-rata sama dengan ikan-ikan di Kepulauan Seribu, tapi di sini lebih subur-subur, seneng deh liatnya! Makin semangat ngasih roti deh. Jangan-jangan karena overdosis roti dari turis-turis. Eh, mungkin nggak sih? Nyahahaha~ Btw pernah denger juga tentang ngasih makan roti pas snorkeling ini. Katanya nggak boleh ya? And why is that? Ada yang tahu alasan ilmiahnya? Ditunggu sharingnya ya hehe… Sehabis snorkeling kami nggak mampir ke Pulau Cilik, yang tampaknya memang bener-bener cilik, paling setengahnya Cemara Kecil. Kami langsung menuju ke destinasi selanjutnya, Pulau Tengah…
Well, what can I say? Pulau Tengah is really…really…amazing! Sungguh. Airnya…bener-bener jernih. Gw bahkan sempet berguling-guling di dalamnya, berenang gaya pesut terdampar sampai meniru pose dugong lagi akrobat sampai pose melahirkan. Hahaha…pokoknya…TOP abis! Rasanya nggak pengen keluar dari air!

pulau tengah karimunjawa

Sejernih ini, siapa yang tahan?

O ya, ternyata di Pulau Tengah ini, diternakkan ikan hiu juga lho (bener gak sih bahasanya? Hiu diternakkan?). Sama seperti di Pulau Menjangan Kecil, hiu-hiu kecil yang tertangkap di laut kemudian dirawat di konservasi ini, kemudian setelah dewasa nantinya akan dilepas kembali ke alamnya. Lumayan serem juga jalan di atas hiu-hiu ini, takut kepleset trus plung! Jadi makanan hiu dah hahaha… (padahal perasaan baru aja nulis kenapa harus takut mati ;p ).
Menjelang siang, makanan sudah siap di tepi pantai. Aaahhh lagi-lagi makan ikan di pinggir pantai, di atas pasir putih yang empuk dan ditemani angin semilir. Surga. Ikannya pun terasa berjuta-juta kali lipat lebih enak daripada makan ikan di restoran mahal. Apalagi kali ini ada sayur dan sambal juga. Juara! Nggak nyesel ikutan tripnya Mas Farid n Pak Manto, hwehehehe… Puas dan kekenyangan, gw berjalan-jalan sejenak mengeksplor pulau ini, yang ternyata nggak terlalu besar, hanya ada satu rumah yang berjualan aneka gorengan (pisang gorengnya nikmat!!). That’s it. Pulau ini nggak berpenghuni. Asiknya…Gw sempet bergoler-goler cantik dengan mata berat hampir ketiduran, sampai akhirnya Pak Manto memanggil-manggil dan dengan berat hati terpaksa kami semua kembali ke kapal…

Romantisnya pasangan Indo-Bule ini, bikin ngiri eke aja yey berdua... ;D

Romantisnya pasangan Indo-Bule ini, bikin ngiri eke aja yey berdua… ;D

Salah satu sudut Pulau Tengah

Salah satu sudut Pulau Tengah

Gosong Seloka merupakan gusung pasir, hampir sama seperti Pulau Air Kecil di Kepulauan Seribu, yaitu hanya pulau kecil yang terdiri dari gundukan pasir. Bener-bener pasir doang. Di tengah laut. Eaaa keceh kan. Menariknya, waktu ke Gosong Seloka, dari jauh tampak puluhan burung yang memenuhi Gosong ini. Aaaa keren deh berasa kaya pulau di luar negri (padahal sih belum pernah lliat langsung, cuma di tipi aja ;p). Dua hal terlintas : Satu : burung itu bakal terbang nggak ya pas kita mendekat? Dua : Banyak tai burung nggak ya di sana? Hehehe…pertanyaan pertama terjawab langsung beberapa menit kemudian, saat Gosong Seloka itu tiba-tiba saja menjadi kosong. Ya elah…gak bisa foto dengan burung-burung putih keceh beterbangan di samping kita dong😦 *imajinasi foto terlalu tinggi*. Pertanyaan kedua terjawab beberapa menit selanjutnya setelah kami touch down di pasir gusung yang sangat putih, nggak begitu empuk karena masih banyak pecahan kerang-kerang kecil yang kasar, tapi bersih banget. Boro-boro tai, sampah segede bungkus permen aja kagak ada di sana. Yang bikin spesial dari Gosong ini ya tentu aja, ujung-ujungnya yang langsung air laut. Justru sejengkal daratan pasir tanpa keberadaan apapun di atasnya, itulah yang menarik. Nggak heran, mau di Kepulauan Seribu, di Karimunjawa, bahkan tampaknya di Derawan pun gw lihat gusung pasir selalu menjadi spot yang ditunggu-tunggu. Buat foto lah, apa lagi coba, hehehe… Gw berpikir…mungkinkah…Gosong ini masih ada…katakanlah 5 atau 10 tahun ke depan? Kalau air laut makin tinggi…keberadaan Gosong kaya gini bener-bener terancam. So sad. Semoga aja enggak. Makanya harus mulai Go Green nih. Gw baru mulai ngurangin kantong plastik, say no to spray, cabut kabel elektronik kalau lagi nggak dipakai. Belum seekstrim nge-recycle kertas sendiri sih, hehe, start from little things first dulu deh… ^^

Beginilah penampakan Gosong Seloka. Without birds.

Beginilah penampakan Gosong Seloka. Without birds.

Salah satu foto favorit gw. Kenalan-kenalan baru di Karimunjawa :D

Salah satu foto favorit gw. Kenalan-kenalan baru di Karimunjawa😀

Hanya sebentar di Gosong Seloka, hari sudah menjelang sore, kami pun menuju ke spot terakhir yang ditunggu-tunggu dari pagi. Bahkan dari sebelum berangkat ke Karimunjawa. Berenang dengan HIU! Yeay! Yeay! Tau nggak sih gw awalnya sempet ragu-ragu. Takut. Itu sejak dari sebelum gw berangkat ke Karimun. Gw pikir, ah, what the heck, mikirnya nanti aja deh kalo udah sampe di sana. Eh, pas udah sampe Karimun masih aja ragu. Hahaha…dan finally baru bener-bener ngambil keputusan “oke gw mau turun berenang sama hiu itu” malah pas udah sampe di pinggir kolamnya. Hahaha! Emang gw nih ya…suk plin-plan sekaligus impulsif.
Btw, jadi di Pulau Menjangan Kecil ini ada beberapa kolam, lumayan gede sih, isinya hiu-hiu yang “jinak”. Jangan kira hiunya kecil-kecil kaya yang ada di kolam di Seaworld. Itu sih baby shark. Ini beneran hiu dewasa, besar, karnivora, dan pejantan tangguh (okay yang ini agak ngarang sih, hehe). Gw masuk ke kolam Blacktip Shark (ada kolam Whitetip Shark juga cuma gw ga nyemplung ke sana). Warnanya hitam. Awalnya…rada serem. Sempet parno abis. Sempet hampir panic attack. Lama-lama…jadi agak biasa aja sih, meski tetep serem. Apalagi pas hiunya mondar-mandir di sebelah gw. Edannn…dag dig dug seerrrr…berasa lagi dikorbankan. Finally at one point, as human, gw ngerasa nggak berdaya di depan binatang. Yah kan biasanya kita makan binatang (ya bukan hiu juga sih). Kali itu gw ngerasa kaya jadi makanan binatang. #pentingnggaksih
Emang sih hiu-hiu ini jinak. Do you know why? Ternyata…menurut Pak Manto…hiu-hiu ini tiap harinya selalu dikasih makan banyak. Berkilo-kilo. Sampai akhirnya mereka kekenyangan dan malas berburu. Hahaha…jadi mikir sama aja nih hiu kaya manusia. Kalo kekenyangan jadi males. Bawaannya pengen molor terus (itu sih gw yak. Ups.) Trus karena “disuapin” terus mereka juga jadi kehilangan semangat memangsa. Sama aja kaya manusia. Kalo “disuapin” terus kapan majunya… *sok berfilosofis*. Eh tapi yang masuk kolam nggak boleh lagi menstruasi atau lagi mengalami perdarahan ya, luka-luka lecet yang banyak dan berdarah juga nggak boleh. Kalo nyium darah sih teteup aja yak hiu mah doyan…😀

Ini hiunya. Lagi pada ngetem ;p

Ini hiunya. Lagi pada ngetem ;p

Buat menikmati sensasi “jadi makanan hiu” ini cukup merogoh kocek 5rb rupiah saja. Yah cukup murah lah untuk pengalaman once in a life time (or maybe jadi ketagihan, siapa yang tau?).

Ini gw dan hiu. *dalem hati kaya mau mati*

Ini gw dan hiu. *dalem hati kaya mau mati*

Sekitar jam 5 sore kami pun kembali ke penginapan. Malamnya rombongan kami ngumpul makan ikan bakar dan es kelapa bakar (unik lho! Air kelapa dicampur jahe, trus batoknya dibakar. Yummy, anget2 cocok untuk minuman malam hari) di alun-alun. Seru, apalagi gw ditraktir, hihi… ^^
Malam terakhir di Karimunjawa pun berakhir sangat menyenangkan.
Keesokan paginya kami pulang naik Express Bahari pagi-pagi…Au Revoir Karimunjawa...Really want to and must come back someday…❤
So, hari gini belum pernah ke Karimunjawa ??? Plan your trip now! Happy travelling! ^^

24 thoughts on “Day 4 – How to have fun at Karimunjawa : snorkel, jump, and play with sharks

  1. udah baca seluruh trip ke karjawnya mbak.
    kalo ga keberatan saya pengin tau itinerary nya dong mba.. share ke email saya kalo berkenan..
    sekalian nyobain mau ngontak pak rivai.
    soalnya pengin kesana ntar november bareng temen-temen.

    hehehe thanks & salam kenal

  2. salam kenal mba shella…
    seru bgt kyaknya backpacker ke karimun jawa..!
    jadi kepengen nih… bisa minta dishare ga mba itinerary dan rincian biayanya… saya and the gank ada rencana ksana juga mba.. kirim ke chaidirfadil@ymail.com ya mba…
    makasih mba shella…

  3. wah seru bgt mbak. bLh minta rincian biaya nya gak mbak? aq rencana mw soLo backpacker nih ksna abis Lebaran ini.. modaL nekad jd harus tw gambarannya, hehee makasih mbak sebeLumnya🙂

Leave a Reply

