Singapore to Penang Overland via Johor Bahru : cheap and easy!

penang bridge

Bosan dengan Singapura? Coba ke Penang! Yap. Itulah yang terlintas di benak gw beberapa bulan yang lalu. Kebetulan gw beruntung mendapat tiket promo Air Asia Bandung – Singapura pp cuma 300rb aja, tapi itu pun sudah dibeli sejak bulan Mei 2012, untuk keberangkatan Mei 2013. Setahun! Demi tiket murah, kenapa tidak? Hehe… Eh ndilalah bulan Januari kemarin gw juga dapet tiket murah ke Singapura, dan sudah mengeksplor Singapura selama 4 hari. Believe it or not, for me, Singapore is boring. Empat hari cukup untuk menjelajahi kawasan-kawasan turis di sana, seperti Chinatown, Little India, Bugis Street, Arab Street, Haji Lane, Kampong Glam, Sentosa, Marina Bay, dan Orchard. Transportasi yang mudah dan cepat, serta jalanan yang rapi dan teratur, membuat Singapura nggak susah untuk dijelajahi. Gw sendiri memang lebih menyukai wisata alam dan sejarah dibanding wisata perkotaan. So, kali ini gw memasukkan Penang ke dalam itinerary gw.

Flight Jakarta – Penang dengan Air Asia sekalipun masih cukup mahal, kalau bukan tiket promo, kisarannya sekitar 500rb sekali jalan. Padahal, Penang itu lokasinya deket banget sama Singapura. Udah sampe Singapura, tanggung dong nggak sekalian ke Penang? Akhirnya gw memulai browsing cara-cara mencapai Penang dari Singapura via jalan darat. Nah, ternyata alternatifnya bisa memakai kereta api atau bis. Nggak bisa pake kapal laut. Ya iyalah namanya juga jalan darat😛

How to get to Penang via overland :

1. KERETA API. Berangkat dari Woodland Train Station (60 SGD), berhenti di Butterworth Station, dari Butterworth lanjut naik Ferry (1,2 RM) ke Georgetown. Lengkapnya bisa lihat di sini.

2. BUS. Ada beberapa alternatif untuk bus dari Singapore ke Penang, yaitu :

     – Bus Singapore – Penang : berangkat dari Golden Mile Complex : Starmart Express, Konsortium Express, Sri Maju Express, Transtar Express (sekitar 42 – 45 SGD), bisa berhenti di Terminal Sungai Nibong, Butterworth, Bukit Mertajam, atau Georgetown. Lengkapnya bisa lihat di sini.

     – Bus Singapore – Johor Bahru – Penang.

Nah. Ngapain juga harus via Johor Bahru kalau ada bus yang langsung ke Penang? Mungkin lo mikir gitu. Dan jawabannya tentu saja dong : Because it’s cheaper. Nggak percaya? Terus baca ya…hehehe.

Jadi dari Singapura ke Johor Bahru itu, ada 2 alternatif bus :

1. Bus SBS Transit No 170, berangkat dari Kranji Station (1,7 SGD). 

2. Bus Causeway Link (2,4 SGD) atau Singapore Johor Express (4 SGD), berangkat dari Queen Street Bus Terminal, daerah Bugis / Beach Road.

Keduanya berangkat tiap 15 menit, dan bakal berhenti di Terminal Larkin, Johor Bahru.

Berhubung gw udah familiar sama lokasi Queen Street di daerah Bugis, jadi gw memilih pilihan ke-2. Nggak susah kok nyari Terminal Bus di Queen Street ini, dari pintu exit MRT Bugis, ambil yang keluar ke Victoria Street. Dari sana tinggal jalan lurus aja sedikit, udah sampai deh di Queen Street. Keliatan juga bus-bus besar berjejer. Ada loket tiket kecil di depan, pilih aja yang ada tulisan Causeway Link-nya. Bayarnya 2,4 SGD, bisa cash atau pake EZ Link. Nanti lo bakal dikasih tiket, terus begitu ada bus Causeway Link warna kuning, langsung aja masuk, duduknya juga bebas kok ^^ Meskipun murah, jangan bayangin busnya bus jelek rombengan yah, bus Causeway Link maupun Singapore Johor Express ini bagus lho, joknya lumayan empuk, bersih, bahkan ada TV di dalem bus nya, dengan siaran yang cukup informatif (dari siaran film kartun Malaysia Bola Kampung, video klip, gosip artis Hollywood, sampai tips memakai make up).

Perjalanan sekitar 30 menit untuk mencapai imigrasi Singapura di Woodlands Checkpoint. Nah di sinilah gw lumayan shock. Orang-orangnya dong! Lari-lari semua kayak dikejar setan. Emang sih rame banget yang mau check in di imigrasi itu, kayanya sih banyak warga Malaysia yang kerja atau sekolah di Singapore dan sebaliknya deh, makanya sampe rame gitu imigrasinya. Gedung imigrasinya juga nggak tanggung-tanggung, mewah dan gede amat, beda banget sama imigrasi Padang Besar border Malaysia – Thailand yang pernah gw datengin, jadi kayak gubuk dibandingin sama kantor imigrasi Woodland ini hahaha…Beres urusan imigrasi (cuma nge-cap paspor doang), langsung deh ngibrit lagi ke area parkiran buat naek Causeway Link nya lagi. Tenang, lo bisa naek bus Causeway Link yang mana aja kok, nggak harus bus yang sama yang lo naikin di awal. Jadi, barang-barang semua harus dibawa yah pas turun dari bus yang pertama.

Keluar dari Singapura, perjalanan dilanjutkan menuju Johor. Ternyata Johor itu besar dan modern ya sodara-sodara. Kayak Jakarta gitu. Gw kira Johor hanyalah sebuah kota kecil. Ternyata…asumsi gw salah. So, bus berhenti di imigrasi Bangunan Sultan Iskandar, yang lumayan keren juga bangunannya. Di sini pun cuma nge-cap paspor doang, abis itu kembali lagi ke bus. Sekitar 30 menit kemudian, sampai deh ke Terminal Larkin Johor. Nah, hati-hati ya, Terminal Larkin ini hampir miriplah sama Terminal di Indonesia. Meskipun lebih bersih dan teratur, tapi banyak abang-abang yang nyamperin dan nawarin bus gitu…

Pokoknya pasanglah straight face dan langsung jalan menuju counter BT 9 : Starmart JB Express. Warna counternya merah. Pesen tiket bus menuju Terminal Sungai Nibong Penang (63 RM). Jadi bus nya ini sleeper bus, dan cuma ada 1 jam keberangkatan, yaitu pukul 22.15. Perjalanan harusnya 9 jam, tapi waktu gw sih, molor 2 jam. Sampai di Terminal Sungai Nibong Penang sekitar pukul 09.00. Nah, keuntungan perjalanan overland kayak gini, karena pakai sleeper bus, jadi bisa nge-hemat biaya hostel deh. Prinsip gw : “Kalau bisa tidur sambil pindah tempat, kenapa enggak?”. Lagian sleeper bus nya nyamaaaannnn…kursinya empuk dan yang bikin kaget, bisa mijet loh kursinya. Massage chair gitu. Ada tombol-tombolnya mau pijetan tipe apa. Hihi, lumayan dah dipijetin getar-getar gitu di punggung bikin ngantuk deh. Tapi sayangnya gw kedinginan sepanjang malem, padahal udah selimutan pake kain Bali, tetep aja, kaki gw kedinginan. So, buat yang nggak kuat dingin mungkin bisa bawa kaos kaki deh. O iya kursinya selain bisa direbahin sampai datar, ada alas kakinya juga loh yang bisa dinaikkin, jadi kita beneran bisa tidur rebahan gitu, nyaman deh pokoknya. Cuma dingin aja. Brrrr….

Massage chair yang bikin ngantuk~

Massage chair yang bikin ngantuk~

Tuh! Bener kan kursinya bisa mijet. ^^

Tuh! Bener kan kursinya bisa mijet. ^^

Hal menarik yang gw nanti-nantikan dari naik bis ke Penang adalah : Melintasi Penang Bridge!!! Jadi Penang itu ada 2 bagian, yang di darat dan yang di  1 pulau misah gitu, obyek wisata kayak Georgetown, Kek Lok Si Temple dll itu adanya di Pulau Penangnya. Untuk ke sana, bisa pake ferry seperti yg gw sebut di atas, atau ngelewatin Penang Bridge yang menghubungkan daratan Malaysia dengan Pulau Penang tadi. Seruuuuuuuuuu! Baru pertama kali soalnya ngelewatin jembatan yang ada di atas laut *sungguh ndeso sekali*. Bangun pagi-pagi mata masih kiyip-kiyip dan disambut pemandangan Penang dari atas jembatan, dengan kanan kiri laut, salah satu memorable moment yang nggak akan gw lupain, hehe.

Mengagumi Penang Bridge.

Mengagumi Penang Bridge.

Sesampainya di Terminal Sungai Nibong, gw langsung beli tiket pulang untuk malam harinya (yeah, gw cuma 12 jam doang di Penang), di counter Starmart JB Express juga di lantai 2, ada di paling pojok sendiri counternya. Busnya berangkat 3 kali, pukul 21.00, 22.00, dan 23.00. Karena gw harus ngejar flight balik dari Singapura jam 13.30, dan mempertimbangkan takut busnya ngaret lagi, dengan berat hati gw memilih pulang pukul 21.00. Anehnya, di sini kok harga tiketnya 60 RM ya, lebih murah sedikit. Tapi gw lihat di web nya emang gitu.

Sampe Penang pagi-pagi trus nggak mandi dong?? Hihi, beruntunglah, ternyata di Terminal Sungai Nibong ini, menyediakan shower room, dengan membayar 1 RM aja! Puas deh pagi itu mandi cibang-cibung sampe cantik, dan siap deh jalan-jalan mengeksplor Georgetown!😀

Resume : Singapore –> Terminal Queen Street –> Causeway Link –> Imigrasi Singapore –> Imigrasi Malaysia –> Terminal Larkin Johor Bahru –> Sleeper Bus Starmart JB Express –> Terminal Sungai Nibong Penang. Nah, baliknya gimana? Sama aja kok, tinggal direverse aja. Total cost PP sekitar 400rban aja, itu pun menghemat biaya penginapan 2 malam.

Gimana? Gampang dan murah banget kan mencapai Penang dari Singapura? Cobalah! ^^

56 thoughts on “Singapore to Penang Overland via Johor Bahru : cheap and easy!

  1. Asyiknya. Kalo saya sukanya pakai kereta api. Cari yang ada tempat tidurnya. Enak lho. Tidurnya di kereta, jadi bisa hemat uang hotel. Hehe…

    Btw, coba cek kontes bogging di link saya ya. Siapa tau tertarik.

    Salam

  2. Ya Ampun.. kalau belum dijalani rasanya kok ya ribet gitu ya… Kalau aku mesti catat semua catatan di atas deh kalau mau ke Penang dengan jalur-jalur itu. Kalau enggak ya nyasar jaya deh. Hahaha… Ditunggu tulisan Penangnya ya kakak…🙂

    • Hehe…iya keliatan ribet tapi sebenernya mudah kok🙂 Cuma naik bus 2x, tapi perbandingan cost-nya lumayan juga, misal naik bus direct Sg-Penang 45 SGD (350rb) sekali jalan. Kalau via Johor sekitar 200rb, hehe lumayan kalau pp, jadi hemat 300rb ^^ Thanks udah mampir dan follow yaaa…

  3. wah, patut dicoba nih.. kebetulan pengen banget ke penang tapi tiketnya lumayan mihil klo dari jakarta hihi… ditunggu postingan 12 jam di penang ngapain aja/kemana aja/makan apa aja🙂

    salam kenal🙂

    • Thankss Hanny udah mampir🙂 Iya bs jd alternatif yg lebih fun dan lebih murah. Postingan Penangnya menyusul yaaa…tunggu aja ( >͡ .̮ Ơ̴͡ )* Happy travelling!

  4. Mbak mau nanya dunk klo di penang sendiri muter2 nya nyewa mobil atau naik bus ya?bisa minta email ga mbak untuk nanya2 krn saya niat mau ke penang pake bus bln dpn, thx

    • Kalau bisnya sih menurut saya nyaman. Kalau lamanya, krn pas jam tidur, jadi nggak begitu kerasa krn tidur sepanjang jalan🙂 Coba didiskusikan dulu aja sm org tuanya hehe…Happy traveling yaaa~

      • Thanks ya mba atas informasinya, kalo boleh tanya lagi, bis dari johor ke penang memang cuma satu? ato da yang lain, trus apa selalu berangkat malam hari?Satu lagi, dari Singapore ke Johor membutuhkan waktu berapa lama, agar tidak ketinggalan bisnya kalo sampai di singapore sore hari. terima kasih

      • Bis dari johor ke penang ada beberapa mbak, bs coba keliling di terminal Larkin-nya. Tapi dr browsing di internet sih yg lmyn ok yg Starmart itu hehe. Jam keberangkatan cm ada 1x malam saja. Dr Sg – Johor tergantung traffic dan lamanya di imigrasi, variasi bs 1-2jam. Amannya sih sediakan waktu sekitar 2 jam.🙂

  5. Mbak boleh tau nggak kalau bis dari singapore ke johor ada sampai jam brp? Soalnya saya nggak mau nunggu terlalu lama di johor nunggu keberangkatan bis ke penang,

  6. Mba, aku cek di startmartonline kok ga ada yah jadwal JB-Penang?😦 aku ngeces dengan kursinya yang ada pijet2nya, lumayan kan ga tepos tuh pantat hehe.. Kalo pake provider laen takutnya harga sama tapi bangku ya yang biasa.. Please info..

  7. Mb,ternyata johor ke penang jauh banget ya?ampe 9jam, soalnya rencana mo ke legoland tp lagi nyari rute yg simple dr makassar lewat mana.Tujuan nya mo cek up ke penang trus mo ke legoland,bawa anak2 umur 4 tahun 2orang jd kalo perjalanan darat 9 jam kasian mereka.
    Ada alternatif laen ga mb?…makasih sebelumnya….🙂

  8. mba bis dari queen street ke Johor tiketnya boleh beli duluan apa ngga (maksudnya beli tiketnya pagi tapi buat keberangkatanmalam hari)

  9. Trims ya Mbak, blog nya sangat membantu. begitu saya baca blog mbak shella. saya langsung beli tiket ke penang.
    nanti rencana dari penang mau coba ke johor bahru naik bus…biar anak anak punya pengalaman baru naik bus 9 jam..hehe.
    pulang ke jakarta saya via singapore.

  10. mbak mau tanya, kalau saya ambil bus yang dari singapore ke penang nanti pas imigrasi bus nya tetep nungguin kita atau gmn ya? pernah ada pengalaman ga kalo naik langsung yang dari SG? ditunggu infonya ya🙂

    • Mbak Ivana, busnya menunggu kita tapi bebas kok bisa naik bus yang mana saja asal bus yg satu nama (misal : Causeway Link). Trims ya sudah berkunjung ke blog saya. Happy Traveling ^^

      • Hallo Mbak, mau sharing aja nih tentang trip kemaren.. akhirnya saya naik Johor express bus dari Singapore ( dekat MRT Bugis ) sampai di terminal Larkin Johor Baru. terus pas lagi cari2 tiket dari Larkin – Sungai Nibong Penang nemu bus company namanya Pacific Express. bus nya ok sih, cuma memang tipe driver disana suka oper2an penumpang ( sama kyk naik metromini di Jakarta kali ya.. haha ). dan untuk cost nya dari Singapore – Larkin SGD 3.3, terus bus dari Larkin – Penang MYR 75. lumayan menghemat budget.. hehehe
        thx untuk blog nya ya mbak🙂

  11. mbak sheila, tq a lot ya atas info2nya. sangat membantu sekali, dan lagi cara menerangkannya sistematis.
    oya mbak, pengen tanya:
    1. kalau di malaysia itu enaknya bawa uang ringgit cash atau cukup bawa credit card indonesia?
    2. Kalau disana tablet misal kan abonemen telkomsel, tapi disana bisa aktif wifi ga ya? lebih baik bawa samsung tab atau cukup smart phone saja?
    3. oya mbak, kira2 spore, johor, penang biaya yang harus dipersiapkan berapa ya?

    • Hallo Vonny, trims ya sudah mampir ke blog saya. Saya coba menjawab pertanyaannya, semoga membantu :
      1. Di Malaysia sebaiknya membawa uang ringgit cash saja dari Indonesia, mengingat biasanya transaksi dengan credit card biasanya dikenai tambahan fee dan kurs yang biasanya lebih tinggi.
      2. Penggunaan di luar negeri biasanya dikenakan tarif yang lumayan tinggi, saya kurang paham tarif yg dikenakan telkomsel brp, krn biasanya saya menonaktifkan roaming HP saat saya bepergian ke luar negeri, dan hanya mengandalkan layanan wifi gratis yg disediakan dari penginapan atau tempat2 umum seperti bandara, mall, taman, dll. Bawa tab atau smartphone saja menurut saya tergantung kebutuhan.
      3. Biaya yg hrs disiapkan tergantung dari berapa lama tinggal di sana, jenis penginapan, jenis transportasi, obyek wisata yg mau dikunjungi, dll. Tapi menurut saya, biaya sehari2/basic living cost hampir sama dengan di Indonesia kok. Tergantung mengatur budgetnya saja.

      Happy traveling ^^

  12. Hai Mba Sheila..
    thx infonya yaaa…membantu banget!
    untuk harga tiket sleeper bis Startmart JB express masih 63RM ga ya?
    lalu sleeper bis selain Starmart JB Express ad ga mba?
    mksih infonya mba ^^

  13. hai mba Sheila, saya kepingin naik kereta api dari singapore lewat johor ke Penang. Tapi saya coba masuk ke linknya ternyata tidak ada yang dari Johor ke Penang. Apa mba tau gimana cara booking on line.

  14. Hai mba, saya ada rencana nail kereta api dari Johor ke Penang, Saya coba link diatas tapi tidak tersedia keretanya. Apa mba ada info lain? terima kasih

    • Hallo Meilani, setahu saya jadwal terbaru kereta api dari Johor ke Stasiun Butterworth di Penang yaitu Kereta Api Ekspres Rakyat berangkat pukul 08.40 tiba di Penang pukul 21.45. Semoga membantu🙂

  15. Hallo Mba Shella, seneng banget baca Postingannya, saya mau tanya klu dari Johor Baru Ke Malaka beli Tiketnya sama ngga ya sama ke Penang ? di counter BT 9 : Starmart JB Express ? Atau di counter lain? soalnya aku mau ke Penang jalan darat tapi mampir di Malaka dulu, baru dari Malaka ke Penang via Butterworth. Thanks ya Mba…

    • Hallo Lina, trims sudah mampir ke blog saya. Untuk bus rute Johor – Malaka bisa menggunakan bus Causeway Link atau Starmart JB Express, tiketnya bisa dibeli di Terminal Larkin. Perjalanan Johor – Malaka kira2 selama 3 jam, harga tiket busnya kira2 19-21 RM. Semoga membantu ya, happy traveling ^^

  16. Mba mau tanya2 dong hehe
    1. kalo di imigrasi Bangunan Sultan Iskandar itu kita nanti ganti bis causeways link nya lagi apa gimana untuk menuju terminal larkin?
    2. Amannya pergi jam berapa dari bugis biar bisa ngejar bis ke penang yg jam 22.15
    3. kalo dari penang mau KL naik kereta rutenya gimana ya apa mba tau?
    Terima kasih atas infonya🙂

    • Hallo Fitri thanks sudah mampir ke blog saya ^^
      1. Bisa naik bus Causeway Link apa saja yang sedang menunggu di parkiran imigrasi. Tidak harus bus yang sama dengan yang kita naiki sebelumnya kok, yang penting Causeway Link.
      2. Perjalanan dari Bugis ke JB kira2 1jam tergantung dari traffic jg. Amannya sediakan waktu sekitar 3 jam sebelum waku keberangkatan.
      3. Bisa cek di situs http://www.train36.com/train-from-butterworth-to-kuala-lumpur.html Kereta Express Rakyat berangkat pukul 08.00 dari stasiun Butterworth Penang, sampai pukul 13.00 di KL.
      Semoga membantu ya, happy holiday ^^

    • Hi Ayudamar, trims sudah berkunjung ke blog saya🙂 Penang bagus untuk cultural heritage nya seperti Peranakan Mansion, Kelenteng Dewi Kwan Im, Street Mural nya, dan berbagai macam kulinernya. Enjoy Penang ^^

  17. Hi Mba, rencana saya mau ada trip ke Singapore – Penang via darat. Saya sudah baca sekilas blog nya Mba, thanks banget ya, sangat membantu. Saya mau tanya untuk bus apakah kita perlu booking secara online dulu atau bisa langsung on the spot di lokasi? Mba kalau tidak keberatan saya boleh minta no HP Mba agar mudah berkomunikasi. Thanks before🙂

  18. Hi Mba, saya ada rencana trip ke Singapore – Penang via darat juga. Saya juga sudah baca sekilas blog Mba, sangat membantu, thank you🙂 Saya mau tanya untuk keberangkatan ke Penang dengan bus apakah harus beli online dulu atau bisa langsung on the spot beli di lokasi? Apabila Mba tidak keberatan apakah saya boleh minta contact no HP Mba agar lebih mudah berkomunikasi. Thank you before…

  19. Makasih banyak buat info nya. Kebetulan saya lagi mau ke Penang, dari batam, via singapore – Johor.
    Sangat informatif sekali.
    Tinggal nyari-nyari destination disana mau kemana saja nih.
    Btw makasih sekali buat infonya bu.

Leave a Reply

