#PeopleAroundUs : Laut adalah Hidupku

Liukang Loe Tanjung Bira Indonesia

Tanjung Bira, 14 September 2013

Angin pantai dan deru ombak adalah temanku. Setiap hari bermain ku dengan gulungan-gulungan ombak. Ada yang kecil, rasanya menggelitik, ada yang besar, siap menerkam maut. Ombak adalah temanku. Aku mengenalnya sejak aku masih terbuai di dalam kandungan ibuku. Aku mendengar suaranya yang sayup-sayup memecah karang di kejauhan. Aku mendengar suaranya yang berdebur keras menghantam kapal bapakku. Aku mendengar suaranya yang lembut, menggelitik kaki ibuku. Terbuai aku dalam kemerduan suaranya yang menyatu dengan desiran angin laut, nyaman aku di dalam ibuku.

Tumbuh besar aku di antara pecahan kasar karang dan kerang. Warna-warninya selalu membuatku terpesona. Merah, biru, ungu, putih mengkilat bagai  mutiara. Sering kupendam kakiku yang mungil dalam-dalam di pasir pantai yang empuk. Warnanya putih pucat, sepucat warna bibir ibuku kala itu. Oh ibu, mengapa begitu cepat kau meninggalkan aku…

Aku dilatih untuk menjadi pejuang. Kutaklukkan laut yang sedang marah, kupelajari segala lika-likunya. Kuhapal semua lokasi karang-karang maut yang bisa membuat kapalku karam. Kupahami bahasa angin yang rumit, kapan ia sedang malas, kapan ia mengamuk murka, kapan ia berbaik hati menuntunku menjelajah lautan. Laut adalah hidupku. Ia tidak menjanjikan emas berlian. Ia tidak membuatku bermandikan uang. Ia tidak menjamin hidupku bergelimang harta. Tapi laut adalah hidupku. Di sana aku menemukan kedamaian. Aku mengenalnya lebih dari aku mengenal orangtuaku. Aku mencintainya lebih dari aku mencintai istriku.

Aku menatap horison. Adakah kehidupan lain di ujung sana? Dunia gemerlap yang penuh dengan manusia tampan dan molek. Dunia yang penuh dengan manusia intelek. Yang berpikir dirinya yang paling hebat. Yang sibuk menuntut dirinya dihargai. Sibuk mengumpulkan pundi-pundi duniawi. Tak harus berpeluh keringat untuk menyambung hidup.

Ah, tapi aku lebih cinta laut…

Ikutan #PeopleAroundUs yuk? Proyek satu hari satu foto satu cerita dari @aMRazing ^^

PS : kisah ini murni fiksi.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s